- COMPUTER SCIENC
- COGNITIVE PSYCHOLOGY
- SOCIAL AND ORGANAZATIONAL PSYCHOLOGY
- ERGONOMICSAND HUMAN FACTOR
- ENGINEERING
- DESIGN
- ANTHROPOLOGY
- SOCIOLOGY
- PHILOSOPHY
- LINGUISTICS
- ARTIFICIAL INTELLIGE
PENGERTIAN IMK/HCL
IMK merupakan satu disiplin ilmu yang mengkaji komunikasi atau
komunikasi antara pengguna denga sistem.Berdasarkan asal katanya, interaksi
merupakan suatu jenis tindakan atau aksi yang terjadi sewaktu dua atau
lebih objek mempengaruhi atau memiliki efek satu sama lain. Sedangkan manusia merupakan makhluk hidup yang dilengkapi otak berkemampuan tinggi. Dan komputer sendiri yaitu alat yang digunakan untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan.
Pada interaksi ini mempelajari anatar suatu manusia dan suatu mesin di
dalam sebuah komunikasi, yang mendukung pengetahuan dari kedua-duanya
antara sisi mesin dan sisi manusia.
- KETERKAITAN IMK/HCL DENGAN COMPUTER SCIENC(ILMU KOMPUTER)
Ilmu komputer (bahasa inggris: computer Science), secara umum diartikan sebagai ilmu yang mempelajari baik tentang komputasi perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software).
Jadi
keterkitan antara IMK dengan komputer scienc adalah bahwa apabila
seseorang ingin berinteraksi dengan komputer maka harus mengerti
terlebih dahulu tentang komputasi hardware dan software.karna apabila
user tidak mengerti tentang hardware dan software maka sangat besar
kemungkinan akan terjadi kesalah pahaman antara manusia dengn sistim
yang ada pada komputer seperti salah perintah.
- KETERKAITAN IMK/HCL DENGAN COGNITIVE PSYCHOLOGY
Mengingat
setiap user memiliki sifat dan kelakuan yang berbeda maka dalam
interaksi antara manusia dan komputer perlu di pelajari faktor
pisikologi,dan di dalam merancang sebuah program maka faktor ini harus
di pikirkan terlebih dahulu,seperti siapa target pengguna
progam,bagaimana suasana lingkunga target,dan bagaimana perilaku mereka
secara umum dan masih banyak faktor psikologi lain yang harus
dipikirkan agar program yang dirancang itu lebih user freindly.
- KETERKAITAN IMK/HCL DENGAN SOCIAL AND ORGANAZATIONAL PSYCHOLOGY
psikologi/bimbingan
kelompok adalah suatu layanan berupa bimbingan, pengarahan jiwa yang
berasal dari bahan dari narasumber tertentu (terutama dari pembimbing/
konselor) yang dilakukan kepada individu(siswa) dan beberapa peserta
didik melalui kegiatan kelompok yang bertujuan untuk menunjang suatu
kehidupannya sehari-hari maupun pelajar, anggota keluarga, dan
masyarakat serta berguna untuk pertimbangan dalam mengambil sebuah
keputusan.
Kemudian jika psikologi kelompok di persatukan dengan psikologi sosial merupakan uatu interaksi sosial yang mungkin berupa bimbingan antara kelompok, individu, atau indivudu lainnya. Maka mungkin dapat timbulnya suatu persatuan antara organisasi atau kelompok tersebut
.
Kemudian jika psikologi kelompok di persatukan dengan psikologi sosial merupakan uatu interaksi sosial yang mungkin berupa bimbingan antara kelompok, individu, atau indivudu lainnya. Maka mungkin dapat timbulnya suatu persatuan antara organisasi atau kelompok tersebut
.
- KETERKAITAN IMK/HCL DENGAN ERGONOMICS AND HUMAN FACTOR
Ergonomik
berhubungan dengan aspe kfisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang
nyaman.karena m,anusia yang bekerja dengan komputer biasanya
menghabiskan waktu yang cukup lama maka letak
meja,kursi,monitor,keyboard,mouse,posisi duduk pengaturan pencahayaan
kebersihan dan berbagai aspek lain akan sangat berpengaru terhadap
interaksi manuasia dengan komputer yang digunakan.
- KETERKAITAN IMK/HCL DENGAN ENGINEERING
Merupakan
suatu faktor yang bisa menciptakan suatu program yang efektif, efisien
serta user friendly sehingga darinya dapat di hasilkan suatu mesin
yang betul-betul diinginkan oleh user.
- KETERKAITAN IMK/HCL DENGAN DESIGN
Desain berasal dari Bahasa Inggris (design)
yang berarti “rancangan, rencana atau reka rupa”. Dari kata design
muncullah kata desain yang berarti mencipta, memikir atau merancang.dan
keterkitanya denga IMK adalah apabila use ingin merancang sesuatu maka
dapat melakukannya dengan menggunakan sistim yang ada pada komputer,maka
tanpa sadar user sudah berinterksi dengan komputer.
- KETERKAITAN IMK/HCL DENGAN ANTHROPOLOGY
Faktor
intropologi memberikan gambaran tentang cara kerja kelompok dimana
masing-masing anggotanya diharapkan dapat memberikan kontribusi sesuai
denan tugas masing-masing.dan keterkitannya dengan IMK adalah di mana
user dan sistem harus bekeja sama tapi dalam kerja samanya harus
mengerti dengan tugasnya masing-masing,di mana user tidak akan bisa
menggantikan tugasnya sistem,begitu uga dengan sistem tidak akan bisa
menggantikan pekerjaanya user ,jadi intinya antara user dan sistem
mempunyai tugas masing-masing.
- KETERKAITAN IMK/HCL DENGAN SOCIOLOGY
Pada
IMK sosiologi erhubungan dengan pengaruh sistim komputer dalam
struktur sosial.keterkaitanya dengan IMK adalah dimana user dan sistim
yang ada di dalam komputer harus saling bekej sama,dan saling
memperhatikan,dimana user harus menjaga sistim yang ada,dan sistim
menyediakan kebutuhan user,dan denga kerja sama itulah user dapat
mencapai tujuan yang di inginkan.
- KETERKAITAN IMK/HCL DENGAN PHILOSOPHY
Merupakan
suatu produk (program) yang di buat membutuhkan manual agar orang yang
belum bisa menggunakan produk tersebut bisa mempelajarinya terlebih
dahulu agar kemudian dapat terjadi interaksi yang baik antara orang itu
dengan komputer.
- KETERKAITAN IMK/HCL DENGAN LINGUISTICS
Linguistick
merupakan persn bahasa yang digunakan sebagai antarmuka sangatlah
penting ,karena adanya linguistick user lebih mudah menggunkan sistem
yang ada pada komputer tersebut dan tidak terjadi kesalahpahaman di
dalam menggunakanya. Dan didalam sebuas sistem dibutuhkan suau komposisi
yang sangat baik yang mudah di mengerti oleh user.
- KETERKAITAN IMK/HCL DENGAN ARTIFICIAL INTELLIGENT
kecerdasan
buatan( ARTIFICIAL INTELLIGENT) merupakan suatu bagian ilmu komputer
yang bertujuan agar komputer dapat melakukan pekerjaan seperti dan
sebaik yang dilakukan manusia serta menggabungkan cara berpikir manusia
dengan mesin,untuk mengambil keputusan,memecahkan masala,dan
pembelajaran.
Jenis-Jenis Kecerdasan Buatan
- Sistem Pakar (Expert System), komputer sebagai sarana untuk menyimpan pengetahuan para pakar sehingga komputer memiliki keahlian menyelesaikan permasalahan dengan meniru keahlian yang dimiliki pakar.
- Pengolahan Bahasa Alami (Natural Language Processing), user dapat berkomunikasi dengan komputer menggunakan bahasa sehari-hari, misal bahasa inggris, bahasa indonesia, dan sebagainya.
- Pengenalan Ucapan (Speech Recognition), manusia dapat berkomunikasi dengan komputer menggunakan suara.
- Robotika & Sistem Sensor.
- Computer Vision, menginterpretasikan gambar atau objek-objek tampak melalui komputer.
- Intelligent Computer-Aided Instruction, komputer dapat digunakan sebagai tutor yang dapat melatih & mengajar.
- Game Playing.
Soft computing: merupakan sebuah inovasi dalam membangun sistem cerdas yaitu sistem yang memiliki keahlian seperti manusia pada domain tertentu, mampu beradaptasi dan belajar agar dapat bekerja lebih baik jika terjadi perubahan lingkungan. Soft computing mengeksploitasi adanya toleransi terhadap ketidaktepatan, ketidakpastian, dan kebenaran parsial untuk dapat diselesaikan dan dikendalikan dengan mudah agar sesuai dengan realita.
http://lutfiyah17.wordpress.com
Geen opmerkings nie:
Plaas 'n opmerking